Senin, 11 Februari 2013


Temanggung, AULA
Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kec. Tembarak mengadakan LAKMUD X (Latihan Kader Muda X), bertempat di MI Nurul Ummah Tawangsari, Tembarak, Temanggung. Kegiatan ini merupakan program kerja Departemen Kaderisasi Bidang Pengkaderan PAC IPNU-IPPNU Kec. Tembarak periode 2012-2014. LAKMUD X PAC IPNU-IPPNU Kec. Tembarak ini diikuti oleh 55 peserta yang terdiri dari pimpinan ranting IPNU-IPPNU se-Kecamatan Tembarak dan tiga pimpinan komisariat yang ada di kecamatan Tembarak serta diikuti oleh Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kec. Kaloran. Dan sekitar 40 panitia pelaksana dari pengurus PAC IPNU-IPPNU Kec. Tembarak dan panitia lokal.
Dengan mengusung tema “Militansi kader IPNU-IPPNU dalam Tantangan Era Globalisasi”. Tema tersebut diambil dari latar belakang kondisi kader IPNU-IPPNU di wilayah tembarak yang kurang mempunyai greget dan semangat untuk aktif dalam kegiatan IPNU-IPPNU. Melalui kegiatan pengkaderan LAKMUD X inilah diharapkan kader IPNU-IPPNU di wilayah Tembarak mempunyai semangat dan kesadaran yang tinggi dalam berorganisasi, serta bisa mampu mencintai organisasi IPNU-IPPNU. Peserta diharapkan mampu menerapkan kaidah dan nilai-nilai NU.
Kegiatan LAKMUD ini berlangsung selama tiga hari, mulai hari ahad (23/12) sampai selasa (25/12). Acara LAKMUD X ini dibuka oleh Bp. Adi Supanggyo selaku Camat Tembarak yang ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Rekan Agus Nugroho dan rekanita Cintya Bella Larasati. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kondisi remaja di daerah Tembarak ini, pola dan gaya hidup remaja yang sudah terdifferensi dengan budaya kebaratan serta kagetnya para remaja dengan perkembangan informasi dan teknologi yang masih banyak dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif. Maka dengan adanya kegiatan LAKMUD ini sangat mendukung aktivitas para remaja dan pelajar NU untuk mengisi kegiatan liburan ini dengan hal-hal yang positif. Beliau juga menyampaikan agar pengkaderan ini bisa menciptakan kader-kader NU yang militan sesuai dengan tema kegiatan ini dan jangan sampai kader-kader NU bisa masuk ke organisasi lain.
Konsep acara dari kegiatan LAKMUD X ini adalah Season (Pemateri, sharing, sudut pandang, lobi-lobi), penekanan kedisiplinan, out bond dan  kegiatan pendukung.
Kegiatan LAKMUD ini terdiri dari lima materi yakni Aswaja (Ke-NU-an), Ke-IPNU-IPPNU-an, keorganisasian, Psychology Remaja dan Pemanfaatan Penggunaan IT.
Narasumber dari lima materi tersebut merupakan Alumni IPNU-IPPNU Anak Cabang Tembarak yang berkompeten dalam bidangnya.
Selain kelima materi tersebut juga ada beberapa metode kegiatan seperti teknik lobi dan wawancara, problem solving, diskusi dan debat.
Dalam acara ini peserta juga dilatih kedisiplinan agar peserta mampu belajar mengatur waktu dengan baik. Selain itu juga ditambah dengan pelatihan baris-berbaris untuk mendukung pelatihan kedisiplinan tersebut.
Di malam terakhir dari kegiatan LAKMUD X ini peserta dibaiat sebagai Kader IPNU-IPPNU dengan ditandai penandatanganan sumpah baiat peserta di atas kain putih sebagai tanda kesanggupan peserta dalam bertanggung jawab sebagai kader IPNU-IPPNU.
Dihari terakhir kegiatan LAKMUD X ini diadakan outbond sebagai refresh bagi peserta yang selama dua hari digembleng dan dibubuhi dengan materi. Out bond bukanlah hanya sebagai sarana penghilang kejenuhan bagi peserta, tetapi dari out bond ini ada full up yang bisa diambil, diantaranya untuk melatih rasa persatuan, kebersamaan, kerjasama dan problem solving (pemecahan  masalah). Mutaqien selaku ketua Panitia LAKMUD X menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya untuk mengenalkan dan mendoktrin mereka tentang NU dan Ke-IPNU-IPPNU-an tetapi juga diharapkan mereka agar terlebih dahulu bisa untuk mencintai NU dan IPNU-IPPNU.
“Kalau mereka sudah cinta dengan NU dan IPNU-IPPNU mereka pasti ingin lebih dalam untuk mempelajari dan memahami tentang NU” tuturnya disela-sela kegiatan.
Acara LAKMUD ini tidak hanya berhenti disini, namun dari acara ini dibentuk “Forum Ikatan Alumni LAKMUD X” sebagai wadah alumni peserta LAKMUD X untuk mengadakan kegiatan lanjutan yang dibimbing dan dipantau langsung oleh PAC IPNU-IPPNU Kec.Tembarak dan terpilih sebagai ketua forum ini Andika Wahyu dari Pimpinan Ranting Menggoro. Dari forum inilah mereka akan dibimbing lebih dalam tentang kaidah, nilai dan ajaran-ajaran tentang NU. Melalui kegiatan bulanan mereka akan mengadakan kajian-kajian rutinitas dan tetap melestarikan dan mengamalkan budaya dan amalan-amalan warga Nahdliyin.
“Kegiatan LAKMUD ini merupakan kegiatan pengkaderan sebagai sarana dalam berorganisasi dalam proses regenerasi kader IPNU-IPPNU dan peserta LAKMUD ini merupakan bakal calon pemimpin dan pengurus PAC IPNU-IPPNU dimasa yang akan datang karena IPNU-IPPNU di masa yang akan datang berada ditangan peserta LAKMUD X ini“ tegas Khomsatun (Ketua Umum PAC IPPNU Kec. Tembarak) yang disampaikan di saat upacara penutupan LAKMUD X.
Kontributor: PAC IPNU-IPPNU Kec. Tembarak, Temanggung

0 komentar:

Posting Komentar