Selasa, 27 April 2010

Ibrah: Pesan Kiai Muslih

Kiai Muslih, yang memimpin pesantren di Kebumen, senantiasa menegaskan kepada santri-santrinya tentang pentingnya menelaah kitab-kitab tasawuf dan kebatinan Jawa. Salah seorang santri, yang terkenal lantaran semangatnya yang membara, mem-buat sebuah catatan atas semua yang diajarkan Kiai Muslih dan menghabiskan masa istirahatnya untuk merenungkan ajaran-ajaran para ulama sufi dan para wali.

Setelah dua puluh tahun mondok, santri tersebut diminta sang kiai untuk pulang kampung dan mengamalkan seluruh pelajaran yang didapatnya.

“Terima kasih Kiai, atas segala kebaikan dan ajaran yang selama ini Kiai berikan kepada saya. Akan tetapi, saya masih belum merasa puas menimba ilmu di pesantren ini. Saya ingin lebih lama lagi nyantri untuk menuntaskan kitab-kitab yang masih belum saya kaji. Sudilah kiranya Kiai mempertimbangkan permohonan saya ini,” pinta santri dengan takzim.

Beberapa saat suasana berubah lengang. Lalu Kiai Muslih menjawab, “Aku anggap sudah saatnya kau mempelajari kitab-kitab tasawuf yang lebih dalam lagi dari yang diajarkan di pondok ini, yakni Kitab Kehidupan. Ya, kehidupan yang sesungguhnya di masyarakat. Jini, ada satu hal lagi yang harus kau ketahui; ada sebutan Kitab Garing, yaitu kitab-kitab yang berupa kertas dan tulisan beserta isi dan maknanya, dan itulah yang diajarkan di sini. Yang kedua ada-lah Kitab Teles, yaitu pengejawan-tahan dari Kitab Garing ke dalam kehidupan nyata. Sejak dulu, para sufi dan para wali menjalankan ini sesudah sekian puluh tahun lamanya mereka belajar beragam ilmu. Sujud raga dan sujud jiwa adalah lentera dalam meniti jalan hidup ini. Sekarang pulanglah dan amalkan ilmumu sebaik mungkin. Semoga Allah senantiasa melindungi setiap langkahmu.” (Majalah AULA No. 05/XXXII April 2010)

* Dinukil dari karya Fahruddin Nasrullah, Syekh Branjang Abang, [Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2007], h. 49)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar