Selasa, 17 September 2013

Keajaiban Kulit Manggis yang Eksotis

Jika Anda yang mengkonsumsi buah manggis, jangan terburu–buru membuang kulitnya. Sebab, ada rahasia di balik penciptaan buah manggis oleh Allah SWT. Secara ilmiah juga telah terbukti bahwa kulit dari buah manis ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Apa saja?

Kebanyakan orang menganggap bahwa manfaat manggis hanya bisa didapatkan dari buahnya saja. Namun anggapan itu ternyata salah besar. Ternyata bukan hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, tetapi kulit dari buah manggis juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Untungnya lagi, kulit manggis tidak akan mudah busuk walaupun sudah beberapa hari dibiarkan. Sebab, kulit manggis memiliki zat anti bakteri dan itulah yang menyebabkan ketika kulit manggis dibuang, ia tetap utuh dan tidak membusuk.

Buah manggis beserta kulitnya memang layak dijuluki “ratu buah-buahan tropis” atau amazing juice karena manfaatnya yang luar biasa banyaknya. Bagian kulitnya yang berwarna keunguan mengandung senyawa xanthone dalam konsentrasi tinggi. Xanthone memiliki sifat-sifat antioksidan, antikanker, antiradang, dan antibakteri, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan dan mencegah munculnya beragam penyakit degeneratif.

Beberapa penelitian telah dilakukan di berbagai negara untuk membuktikan bahwa ternyata terdapat cukup banyak manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Penelitian berbagai manfaat kulit manggis ini dilakukan di seluruh dunia tersebar di 4 benua, 12 negara dan semuanya memberikan hasil yang positif. Mungkin hal ini cukup mengejutkan bagi kita semua. Beberapa peneliti manfaat kulit manggis mengatakan bahwa kulit manggis mujarab mengatasi berbagai macam penyakit berkat adanya senyawa xanthone.

Kulit manggis terbukti  sangat efektif sebagai antioksidan. Antioksidan senyawa yang dapat mencegah terjadinya reaksi  terhadap oksidasi radikal bebas. Selanjutnya, antioksidan akan bereaksi dengan radikal bebas sehingga dapat mengurangi kemampuan radikal bebas untuk menimbulkan kerusakan.

Secara umum, kulit manggis dipercaya mampu menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh, mencegah penyakit kanker, meredam radikal bebas secara kuat, mencegah penyakit jantung, dan beberapa penyakit berat lainnya.

Selain itu, kulit manggis juga memberikan beberapa manfaat berikut ini;

Meningkatkan energi
Jika dikonsumsi secara rutin maka jus kulit buah manggis dapat meningkatkan energi, memicu perasaan bahagia serta menambah stamina. Xanthone dari kulit manggis yang merupakan antioksidan tingkat tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengontrol berbagai serangan penyakit.

Memperbaiki Elastisitas Sel Tubuh dan Menurunkan Berat Badan
Kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang terdapat dalam kulit buah manggis dapat meningkatkan regenerasi sel-sel sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu, antioksidan tersebut juga dapat membantu dalam hal penurunan berat badan dengan cara menyeimbangkan kadar kortisol– yaitu hormon yang dapat menstimulasi penumpukan lemak dalam tubuh.

Penyembuhan Luka dan Racun
Xanthone yang ada dalam kulit manggis juga bekerja membantu mempercepat penyembuhan luka, mengeluarkan racun dari hati, dan lain-lain.

Menjaga Kesehatan Otak
Antioksidan yang ada di dalam kulit buah manggis juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak yang dapat mengakibatkan penyakit seperti demensia dan Alzheimer, juga mencegah terjadinya faktor kerusakan sistem syaraf yang dapat mengakibatkan penyakit Parkinson. Kandungan flavonoid di dalam kulit buah manggis bekerja untuk menghentikan kerusakan ringan pada memori otak.

Mengatasi Stress
Di saat terjadinya stress, tubuh kita akan memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Zat Xanthone yang terdapat di dalam kulit manggis bekerja untuk menyeimbangkan kadar hormon kortisol sehingga secara alami tubuh mampu menurunkan tingkat depresinya serta meningkatkan mood.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kandungan antioksidan di dalam kulit buah manggis dapat membantu untuk melindungi dan menurunkan kandungan asam yang tinggi pada lambung. Ekstrak kulit manggis juga mampu mencegah radang usus besar dengan cara menghambat infeksi pada kantong-kantong yang terdapat di lapisan usus besar.

Mencegah Batu Ginjal
Mengkonsumsi ekstrak kulit manggis dalam jumlah tertentu secara rutin akan membuat anda mengeluarkan air seni lebih sering sehingga anda dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih dan juga masalah batu ginjal.

Cara Mengolahnya
Sebenarnya banyak sekali cara untuk mengkonsumsi agar mendapatkan khasiat kulit manggis. Sekarang ini sudah banya sekali di toko–toko obat yang menyediakan olahan kulit manggis yang siap dikonsumsi, baik dalam bentuk seduhan mirip teh celup, tablet dan serbuk halus. Ada juga yang menyediakan kulit manggis yang sudah kering dan tinggal menyeduhnya dengan air hangat. Jadi Anda yang tidak mau bisa langsung membeli produk jadinya.

Namun bagi Anda yang ingin mengolahnya sendiri. Cara berikut bisa Anda coba.
1. Siapkan terlebih dahulu beberapa potong kulit manggis, Banyaknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saran para ahli mengatakan semakin banyak kulit manggis akan semakin bagus.
2. Ambil pada bagian dalamnya menggunakan sendok. Usahakan tidak terkena bagian hitam kulit manggis (kulit luar) dan jangan sampai getahnya ikut-ikutan terambil, karena dapat menyebabkan rasa jus manggis menjadi pahit nantinya.
3. Masukkan hasil kerukan itu ke dalam blender. Dapat dicampur dengan susu kental, coklat bubuk, alpukat, gula, es atau madu. Kemudian haluskan
4. Setelah beberapa menit kulit manggis tersebut sudah siap untuk disajikan.

Kulit manggis juga bisa dikonsumsi dengan dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu baru ditumbuk halus. Hal ini bertujuan untuk mengawetkan kulit manggis agar suatu saat kalau sudah tidak musim buah manggis Anda masih tetap bisa membuat jus kulit manggis. Setelah kulit buah manggis menjadi serbuk halus maka Anda dapat menyimpannya di botol atau plastik yang rapat dan ditempat kering. Jika suatu saat anda ingin membuat jus, maka tinggal mencampur kulit manggis tadi dengan buah lain agar diperoleh rasa yang tetap segar. fif dari berbagai sumber

Dapatkan juga produknya di http://tokobuku-aula.blogspot.com/2013/09/teh-celup-kulit-manggis-leafy.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar