Kamis, 26 September 2013

Halaqah Intensif Kaderisasi NU

Sidoarjo, Aula
Ketua PC LDNU Sidoarjo M. Kosim S.Ag, mengawali halaqah ini berawal dari keprihatinan krisis kualitas dan kuantitas kader NU dibanyak lini, maka bersama beberapa aktivis Lembaga dan Lajnah PCNU Sidoarjo menggelar perlu ngaji tentang NU, tepat pada tanggal 18 September 2013 di Meeting Room Kantor PCNU Sidoarjo. Halaqah bertema Konsep Kaderisasi NU dan Strategi Penerapannya ini menghadirkan narasumber Drs. KH Masyhudi Mukhtar MBA dengan moderator KH M. Sholeh Qosim, MSi selaku Wakil Katib Syuriah PCNU Sidoarjo. Acara diikuti olehjajaran Pengurus Lembaga, Lajnah dan Badan Otonom di Lingkungan PCNU Sidoarjo.

Di awal paparannya, KH. Masyhudi menekankan pentingnya membangun NU yang satu. Satu motif, visi, tujuan dan cara. Banyaknya unsur kepengurusan NU mulai mustasyar, syuriah, tanfidziyah, a'wan, lembaga-lajnah dan badan otonom membuat NU seperti rimba belantara. Bila ditata dengan pemahaman tugas pokok dan fungsi masing-masing unsur maka belantara NU akan menjadi taman yang indah. Pemahaman inilah yang harus ditanamkan kepada kader NU. Harus diakui kegiatan pengkaderan di Lingkungan NU dan banom-banomnya masih belum ideal bahkan dirasa stagnan. Perlu perhatian serius dari para masyayikh pemimpin NU terhadap aspek pengkaderan NU.

Selanjutnya beliau juga menyerahkan gerakan pengkaderan di semua lini perlu digalakkan untuk mencetak kader yang memahami minimal 2 hal yaitu nilai/ajaran Aswaja dan kejam'iyahan serta rasa didukung rasa bangga sebagai kader NU seia sekata berjuang mensyiarkan Islam Ahlussunnah wal jamaah melalui jam'iyah NU dan muqaddimahnya, Mabadi' Khoiro ummah, Khitthoh Nahdliyah dan keputusan-keputusan jam'iyah NU di level manapun termasuk di dalamnya Ahkamul Fuqoha.

Kader NU juga harus sadar bahwa NU adalah organisasi yang didirikan para Ulama dengan restu para auliya' dengan diiringi riyadloh mujahadah yang serius dan istikhoroh yang mendalam. Tidak asal mendirikan dan jauh dari kepentingan pribadi duniawi yang sesaat. Kesadaran ini penting agar dalam berkhidmat di NU sungguh-sungguh mengedepankan akhlak dan amanah, serta prinsip al-ihsan (menyantuni) dan al-islah (memperbaiki).

Halaqah serupa rencananya diselenggarakan setiap rabu kliwon malam kamis di kantor PCNU Sidoarjo. Semoga istiqomah manfaat.

Kontributor: M. Arisy Karomi

LP Ma’arif Siap Laksanakan Kurikulum 2013


Kendal, Aula

Pimpinan Cabang LP Ma’arif NU Kendal siap untuk melaksanakan kurikulum 2013 lebih awal dari sekolah lain meskipun dengan perangkat yang masih terbatas. Kesiapan itu sebagai bentuk dukungan terhadap diberlakukannya kurikulum baru tersebut oleh pemerintah.

Kesiapan tersebut disampaikan oleh ketua PC LP Maarif NU Kendal Drs H Ibnu Darmawan, M.Pd dalam sambutannya saat halal bihalalyang diikuti oleh pengurus PC LP Ma’arif dan MWC LP Ma’rif NU serta seluruh guru dan karyawan di lingkungan Ma’arif Kabupaten Kendal di GOR Bahurekso Kendal, Selasa (27/8).

Menurut Ibnu Darmawan, kurikulum 2013 lebih menekankan pada aspek afektif yang meliputi perilaku, sikap dan ahlaqserta kepedulian sosial. Hal itu tentu selaras dengan ajaran Islam yang mengedepankan pembentukan ahlaqul karimah dalam mendidik umat Islam.Disamping menyatakan kesiapan terhadap pelaksanaan kurikulum 2013, Ibnu Darmawan yang juga orang dinas pendidikan di Kabupaten Kendal pada kesempatan tersebut juga mencanangkan program sekolah bersih di lingkungan sekolah Ma’arif NU Kendal.

Dihadapan sekitar 10.900 guru dan karyawan LP Ma’arif Kendal Ibnu Darmawan juga berharap kegiatan silaturrahim dan halal bihalal tersebut tidak hanya diselenggarakan rutin setahun sekali. Lebih dari itu pertemuan dan silaturrahim berikutnya akan terus diadakan untuk meningkatkan silaturrahim dan kebersamaan guru-guru Ma’arif NU Kendal.

Pada kesempatan lain Ketua PC LP Ma’arifNU Kendal, KH. Muhammad Danial Royyan berharap potensi LP ma’arif NU Kendal yang begitu besar untuk dapat dimanfaatkan dengan baik. Potensi tersebut antara lain jumlah guru Ma’arif di Kendal yang begitu besar harus ditingkatkan kebersamaannya dan kekompakannya. Kemudian sambutan pun dilanjutkan oleh Ketua PP LP Ma’rif NU, HZ. Arifin Junaidi, MBA. Yang kebetulan orang asli Kendal tidak banyak mengutarakan sambutannya. Ia hanya mengapresiasi kinerja LP Ma’arif NU Kendal yang sudah baik salah satunya prestasi yang diperolehnya dalam Perkemahan Wirakarya Pramuka Maarif NU Nasional (Perwimanas) Maarif NU di Jombang beberapa waktu lalu.

Kontributor: Fahroji, Kendal

Selasa, 17 September 2013

KH Bisri Musthofa

Ulama Multitalenta dan Multikarya

Sebagai tonggak perjuangan masyarakat, ulama selalu menjadi sosok yang terdepan dalam melawan penjajahan. Ia menjadi panutan dan pembimbing di tengah jalan kegelapan. Begitu pula yang diperankan oleh KH Bisri Musthofa.

Tersebutlah nama Mashadi sebagai nama kecil dari KH Bisri Musthofa. Namanya kemudian lebih familiar  dengan panggilan Bisri Musthofa seusai menunaikan ibadah haji. Ia dilahirkan pada tahun 1915 di kampung sawahan Gang Palen, Rembang, Jawa Tengah. Ia lahir dari seorang ayah bernama H Zaenal Musthofa dan seorang ibu Hj Chodijah.

Bisri kecil dikenal sebagai anak yang biasa-biasa saja. Bahkan ia lebih menyukai bekerja untuk mencari uang daripada mengaji. Ada beberapa faktor mengapa Bisri kecil enggan mondok kala itu. Ia menganggap bahwa pelajaran di pondok pesantren begitu sulit  dan ia tidak mempunyai bekal untuk itu.

Namun kebiasaan itu tidak berlangsung lama, sampai pada akhirnya ia bersedia untuk mengaji di pesantren dan menekuni ilmu-ilmu agama. Perantauan pertama untuk menimba ilmu dilakukan di Pesantren Kasingan yang diasuh oleh KH Cholil. Sempat tidak betah berada di pesantren, ia kembali ke rumah. Namun, sekembalinya dari pesantren H Zuhdi (kakak tertuanya) justru memaksanya untuk kembali lagi ke pesantren. Dan memasrahkannya kepada ipar KH Cholil bernama Suja’i yang berada di pesantren tersebut.

Di awal kehadirannya di pesantren, ia belajar terlebih dahulu kepada Suja’i. Karena Bisri masih dirasa kurang mempunyai bekal untuk mengaji secara langsung kepada Kiai Cholil. Oleh Suja’i, sehari-hari Bisri hanya diajari satu kitab saja yakni Alfiyah Ibnu Malik. Sehingga Bisri menjadi santri yang sangat menguasai isi kitab tersebut. Dengan kemampuan itu ia lalu diperbolehkan mengikuti pengajian yang dipimpin langsung oleh Kiai Cholil. Bahkan, ia menjadi rujukan pertanyaan apabila ada permasalahan yang tak mampu dijawab oleh para santri. Pelbagai kitab juga sudah banyak ia pelajari, di antaranya Fathul Wahab, Iqna’, Jam’ul Jawami, Uqudul Juman, dll.

Selain mondok di Kasingan, ia juga mengaji kilatan selama Raamdlan di pesatren Tebuireng Jombang asuhan KH Hasyim Asy’ari. Kemudian, tepat di umur 20 tahun, Bisri diambil mantu oleh Kiai Cholil dan menikah dengan Ma’rufah (saat itu masih berusia 10 tahun). Dari perkawinan inilah nantinya KH Bisri Musthofa dikaruniai 8 anak, yaitu Cholil (KH Cholil Bisri), Musthofa (KH MUsthofa Bisri/Gus Mus), Adieb, Faridah, Najihah, Labib, Nihayah dan Atikah.

Semangat Mengejar Ilmu

Semangat pencarian ilmu tak berhenti begitu saja setelah ia menikah dengan Ma’rufah. Ketika musim haji tiba, Kiai Bisri nekad berangkat ke Makkah untuk melaksanakan haji dan memperdalam ilmunya. Namun karena bekalnya sedikit, Kiai Bisri mengabdi kepada kepada Syeikh Chamid Said sebagai khadam.

Di Makkah pendidikan yang ia jalani bersifat non-formal. Ia belajar kepada  1936 kepada Kiai Bakir, Syeikhh Umar Khamdan Al-Magrib, Syeikh Maliki, Sayyid Amir, Syeikh Hasan Masysyath, dan kiai Abdul Muhaimin. Sayangnya, Kiai Bisri tak bisa berlama-lama untuk menuntut ilmu di kota suci itu. Setahun kemudian, Kiai Bisri harus pulang karena permintaan mertuanya. Pada tahun 1938 M  ia pulang ke Kasingan dan setahun kemudian mertuanya meninggal dunia.

Setelah kepulangannya dari Mekkah Kiai Bisri semakin aktif mengisi pengajian di pesantren dan mendirikan Ponpes Raudlatut Thalibin di Rembang. Di samping mengisi pengajian pesantren, kesehariannya juga disibukkan dengan mengisi ceramah-ceramah keagamaan. Bahkan Kiai Bisri dikenal sebagai tokoh yang handal berpidato dan menyampaikan orasi.

KH Syaifuddin Zuhri pernah menuturkan bahwa Kiai Bisri memang orator dan ahli pidato yang hebat. Ia mampu mengutarakan hal-hal sebenarnya sulit menjadi gamblang. Mudah diterima oleh orang desa maupun kota. Yang membosankan menjadi mengasyikkan. Kritikan-kritikan tajam meluncur begitu saja dengan lancar dan menyegarkan pihak yang terkena kritik tidak marah karena disampaikan secara sopan dan menyegarkan. Selain itu ia pun menghibur dengan humor-humornya yang membuat semua orang tertawa terpingkal-pingkal.

Dedikasi dan Karya

Kiai Bisri merupakan satu di antara banyak ulama Indonesia yang memiliki karya besar. Beliaulah sang pengarang kitab tafsir al-Ibriz li Ma’rifati Tafsiril Qur’anil Aziz. Kitab tafsir ini selesai ditulis pada tahun 1960 dengan jumlah halaman setebal 2270 yang terbagi ke dalam tiga jilid besar.

Selain itu, pemikiran Kiai Bisri juga banyak dituangkan dalam bentuk tulisan yang disusunnya menjadi buku, kitab-kitab dan lain sebagainya. Tidak hanya tentang tafsir, tetapi juga bidang tauhid, fiqh, akhlaq-tasawuf, Syariah, Aqidah, hadits, tata bahasa dan sastra Arab, dan lain-lain. Karya-karya tersebut sampai sekarang masih menjadi rujukan para ulama yang mengajar dipesantren. Bahkan menurut putranya, KH Chollil Bisri, seluruh karya Kiai Bisri yang telah dicetak kira-kira berjumlah 176 buku.

Karirnyapun dalam dunia politik juga cukup gemilang. Tiga era pemerintahan yang ia lalui selalu menempatkannya pada posisi strategis. Di era penjajahan ia duduk sebagai Ketua NU dan Ketua Hizbullah Cabang Rembang. Dan di tahun 1955, ia mulai aktif di Partai NU dengan mengabdi secara total kepada NU. Kemudian, di era Soekarno ia aktif sebagai anggota Konstituante, anggota MPRS dan pembantu Menteri Penghubung Ulama. Dan di era kepemimpinan Soeharto, ia menjabat sebagai anggota MPR RI dari utusan daerah golongan ulama. Pada tahun 1977, ia menjabat sebagai Majelis Syuro PPP pusat dan scara bersamaan juga sebagai Rais Syuriah PWNU Jawa Tengah.

Kiai Bisri juga dikenal sebagai satrawan atau seniman. Telah tersurat beberapa karyanya berupa syair atau puisi yang penuh dengan pesan-pesan moral bagi masyarakat. Ia juga pernah menulis drama tentang cinta kisah Nabi Yusuf dan Siti Zulaicha yang kemudian ia rekam sendiri dalam bentuk monolog. Sedangkan di dunia bisnis, Kiai Bisri juga dikenal gigih dan kreatif dalam menangkap peluang usaha. Ia memang dididik menjadi keluarga pedagang. Kiai Bisri pernah mendirikan yayasan yang bergerak dibidang ekonomi dan perdagangan yaitu Yayasan Mu'awanah Lil Muslimin (YAMU'ALIM).

Itulah derap langkah Kiai Bisri yang multitalenta dan multikarya. Tak hanya sebagai kiai pengasuh pesantren yang alim, Kiai Bisri juga berdidakasi secara total sebagai politikus yang handal, pengarang yang produktif, seniman dan sastrawan yang humanis serta pedagang yang kreatif. Akhirnya, episode kehidupannya di dunia berakhir pada 16 Februari  1977. Kiai Bisri menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 62 tahun. (davida)

Hj Nihayah Ahmad Siddiq

Perjuangan Dibalik Tokoh Besar

Namanya memang tidak begitu dikenal sebagai seorang tokoh perempuan. Namun tidak ada yang membantah, dibalik nama besar Rais Am PBNU KH Achmad Siddiq, di situ terdapat peran dirinya yang luar biasa dalam menjaga dan memotivasi untuk terus berjuang dan mengabdi pada NU.

Meski berjalan dengan terseok akibat penyakit yang diderita sejak menunaikan umrah tahun lalu, Nyai Nihayah masih tampak bersemangat dalam melakukan aktivitas kesehariannya. Semakin bertambah umur, semakin memancar pula aura keibuan dari raut wajah yang sudah mulai mengeriput itu. Maklum, Nyai Nihayah saat ini telah berusia 75 tahun.

Ditemui Aula di kediamannya, Jl KH Sidiq No. 41 Jember, ia tampak terheran-heran. “Mas-mas ini dari mana, dan ada perlu apa dengan saya?” Nyai Nihayah tampak ingin tahu. Karena memang tidak janjian, kami harus menjelaskan tentang maksud kehadiran kami di kediamannya tersebut. Namun penjelasan singkat itu tampaknya masih kurang dapat meyakinkan dirinya.

Ia mengaku enggan bila diekspos secara berlebihan. “Saya ini mau dimasukkan apa, kok ditanyai macem-macem! Udah, jangan banyak-banyak tanyanya, saya sudah tua, tidak pantes masuk yang kayak gini,” begitu pangkasnya. Memang antara kami dan Nyai Nihayah belum pernah saling kenal dan tidak melalui referensi seseorang. Namun setelah beberapa kali kami meyakinkan kembali, akhirnya Nyai Nihayah dapat menerimanya.

Dalam kesempatan yang relatif singkat itu, kami menanyakan ihwal perjuangan dirinya selama mendampingi KH Achmad Sidiq serta pengabdiaannya kepada NU. Pada awalnya ia sedikit ragu. Namun setelah beberapa menit berselang, nada suaranya yang masih terdengar lugas dan lantang itu dapat terdengar jelas bercerita. “Saya ini sebetulnya adalah adik ipar dari Pak Achmad. Kakak  sayalah yang dipinang pertama kali oleh Pak Achmad; kemudian kakak saya meninggal,” Nyai Nihayah  mengawali cerita masa lalunya. Ia ingat betul, kakaknya tersebut meninggalkan lima anak yang juga diasuhnya.

“Saya kala itu masih menapaki bangku sekolah. Tepatnya di Muallimat Atas dan Sekolah Guru Atas yang berada di Kota Solo.  Saya belajar di sana juga atas pilihan Pak Achmad, yang waktu itu menyuruh saya menimba ilmu di lembaga tersebut,” kenang Nyai Nihayah. Selepas menempuh pendidikan di Solo, sang kakak yang merupakan istri Kiai Achmad berpulang ke rahmatullah.

Tak lama kemudian KH Mahrus Aly Lirboyo, yang merupakan teman dekat Kiai Achmad, merasa iba dengan keadaan yang menimpa teman akrabnya tersebut. Hidup tanpa pendamping dengan segudang kegiatan bukanlah hal yang mudah dan mengenakkan. Atas dasar ini juga, kemudian Kiai Mahrus diam-diam menemui ayah dan ibu dari Nyai Nihayah. Usut punya usut ternyata Kiai Mahrus ingin menikahkan dirinya dengan Kiai Achmad. Dan akhirnya atas jasa Kiai Mahrus tersebut, Nyai Nihayah benar-benar dipersunting oleh Kiai Achmad. Dalam menapaki kehidupan keluarga bersama Kiai Achmad Siddiq dirinya telah dikaruniai tujuh keturunan.

Nyai Nihayah juga selalu mendampingi dan memberikan dorongan semangat dalam setiap perjuangan yang dilakukan oleh suaminya. Lebih-lebih ketika KH Achmad Siddiq terserang kencing manis. Karena penyakitnya itu pula ke manapun KH Achmad Siddiq pergi dirinya harus mendampingi. Dokter mengharuskan Kiai Achmad mendapatkan injeksi insulin setiap hari. “Dan yang melakukan penginjeksian itu saya, karena tidak mungkin harus mengundang dokter setiap hari. Mahal, Mas,” Nyi Nihayah mengungkapkan masa lalunya. Berkat pendampingan istri yang handal inilah KH Achmad Siddiq tetap mampu berorganisasi secara aktif hingga akhir hayatnya; bahkan telah menelorkan ide besar sekaligus dengan konsepnya tentang gerakan Khittah NU 1926 yang monumental itu.

Mengabdi Untuk NU

Nyai Nihayah termasuk wanita yang luar biasa. Betapa tidak, di sela memegang peran sentral dalam keluarga (merawat suami, mengasuk anak dan lima keponakan), ia masih membagi waktu dan mengabdikan tenaganya untuk NU. Di tengah himpitan waktu yang ada, ia tetap aktif di Fatayat dan Muslimat Cabang Jember. Kepercayaan demi kepercayaan terus diamanatkan kepadanya. Pernah menjadi Ketua Fatayat selama 3 periode dan Ketua Muslimat selama 4 periode berturut-turut.

Sebagai seorang leader di lingkungannya, ia berhasil memberikan kontribusi nyata kepada NU maupun masyarakat. Dengan menggalakkan prinsip sedekah untuk umat, yang diterapkan di lingkungan Muslimat NU kala itu, ia beserta jajarannya berhasil membangun sebuah rumah sakit bersalin Muslimat NU yang diberi nama RSBI Muna Parahita. KH As’ad Syamsul Arifin beserta KH Achmad Siddiq merupakan peletak batu pertama dari pembangunan rumah sakit tersebut. Pada momentum tersebut Kiai As’ad berpesan kepada Nyai Nihayah agar rumah sakit itu dikelola sebaik mungkin dengan manajemen yang transparan supaya mampu bersaing dengan rumah sakit-rumah sakit lain.

Kebiasaan Unik

Sambil mengenang memori masa lalu yang telah banyak tergerus usia, perempuan yang berdomisili di lingkungan Pesantren As-Shiddiqi Putra (Ashtra) ini menceritakan kebiasaan unik yang dilakukan oleh KH Achmad Siddiq. “Pak Achmad itu dulu punya kebiasaan menamai anak-anaknya sesuai dengan momentum yang terjadi kala itu,” kenangnya. Beberapa nama keturunan dari Nyai Nihayah memang terasa aneh didengar. Namun dibalik itu, ternyata Kiai Achmad ingin mengabadikan momentum itu pada masing-masing nama anaknya.

Pada saat Kongres Islam Asia-Afrika (KIAA) misalnya, momentum ini  ia sematkan pada anak perempuannya dengan nama Ken Ismi Asiati Afrik Rozana. Yang kedua, saat Kongres Rabithah (kongres pondok pesantren se-Indonesia) dengan Jember sebagai tuan rumahnya, Kiai Achmad mengabadikan momentum tersebut kepada anaknya dengan panggilan Muhammad Rabith Hazmi. Sejarah kembalinya UUDS ke UUD 1945 juga tak luput dari perhatiannya, yang kemudian ia abadikan pada anaknya dengan panggilan Nida Dusturiyah. Dan yang paling akhir adalah ketika para Kiai NU memisahkan diri dengan pendirian Bung Karno yang dianggap terlalu memihak pada PKI. Sejarah ini pun ia abadikan pada nama anaknya dengan Muhammad Baliyah Firjoun Barlaman.

Inilah sepenggal kisah yang terucap dari Nyai Nihayah, istri KH Achmad Siddiq, Rais Am PBNU pencetus gerakan kembali Khittah NU. Meski pengabdian yang ia berikan begitu besar, namun ia tak pernah mengungkit ataupun minta penghargaan. Baginya, semua itu adalah perjuangan yang harus dilakukan dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Tak akan pernah malaikat lupa mencatat setiap amal yang dilakukan oleh seseorang. (Khusen)